Media Pembelajaran Aswaja

 Deskripsi Media Pembelajaran Aswaja dengan Pendekatan Play Based Learning

Media pembelajaran Aswaja fokus kepada pendekatan Play Based Learning merupakan sarana belajar yang dirancang untuk menumbuhkan pemahaman siswa melalui aktivitas bermain yang bermakna. Media ini tidak hanya menghadirkan materi Aswaja secara tekstual, tetapi juga mengintegrasikan permainan interaktif seperti puzzle, kuis digital, simulasi peran, dan board game edukatif. Dengan demikian, siswa dapat belajar sambil bermain dalam suasana yang menyenangkan, penuh tantangan, dan jauh dari kesan monoton.

Pendekatan ini didasarkan pada prinsip bahwa bermain merupakan bagian alami dari perkembangan anak dan remaja. Melalui permainan, peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga melatih keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, serta menumbuhkan nilai-nilai Aswaja seperti toleransi, tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), dan tawazun (seimbang).

Media pembelajaran berbasis Play Based Learning ini juga memberi ruang bagi siswa untuk bereksplorasi, mengambil keputusan, serta menemukan makna materi Aswaja secara mandiri. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan jalannya permainan agar tujuan pembelajaran tercapai. Dengan demikian, pembelajaran Aswaja menjadi lebih hidup, interaktif, dan relevan dengan dunia nyata siswa, sekaligus meningkatkan motivasi serta keterlibatan mereka dalam proses belajar.

Berikut ini Merupakan Media Pembelajaran Aswaja :
  1. Kelas X (Sepulu Fase E)
  1. Kelas XI (Sebelas Fase F)